Kuliner Solo

Solo Welcomes You – Selain sebagai tujuan wisata budaya dan sejarah serta wisata belanja batik, Kota Solo juga terkenal dengan makanannya. Berikut beberapa makanan khas Solo :

  • Tengkleng Solo

Makanan ini hampir serupa dengan gulai kambing tetapi kuahnya tidak menggunakan santan dan isinya bukan daging kambing melainkan tulang – tulang yang masih ada sedikit dagingnya dan memberikan kesan tersendiri saat menikmati makanan ini.

  • Nasi Liwet

Merupakan makanan yang sangat populer bagi warga Kota Solo maupun orang yang sudah pernah singgah di Solo. Makanan yang terdiri dari nasi gurih (karena dimasak dengan santan) kemudian diberi daging ayam dan telur serta ditambahkan areh dan sayur labu yang sedikit pedas.

  • Cabuk Rambak

Merupakan makanan yang berisi kupat dibumbui dengan cabuk (saus berwarna kelabu yang terbuat dari kelapa yang diparut, kemiri, wijen, daun jeruk dan cabai) dan disajikan bersama dengan karak atau rambak.

  • Timlo Solo

Sayur berkuah bening dengan ini sosis ayam yang dipotong – potong, irisan ati ampela, telur pindang. Dihidangkan dengan nasi putih bertabur bawang goreng. Tambahannya berupa sambal kecap.

  • Sate Buntel

Sate buntel merupakan sate kambing khas Kota Solo yang terbuat dari daging kambing yang dicincang, diberi bumbu bawang dan merica dan kemudian di-buntel (dibungkus) dengan lemak kambing. Dimakan bersama kecap, irisan cabe rawit, bawang merah, irisan kol dan tomat. Menu yang lain adalah sate kikil kambing dan Gule Sumsum.

  • Pecel nDeso

Pecel ndeso adalah nasi pecel yang berasal dari beras merah, dicampur sayur yang berisi dedaunan dan tanaman mulai dari jantung pisang, nikir, daun petai cina, bunga turi dan kacang panjang, sambal wijen putih atau hitam. Disantap bersama belut goreng, wader pari digoreng , telur ceplok, sosis solo, bongko (kacang merah dan kelapa), gembrot (kelapa dan daun simbukan), otak dan iso goreng.

  • Sate Kere

Sesuai dengan namanya sate kere (miskin) memang bukan terbuat dari daging kambing atau ayam seperti layaknya sate, tetapi terbuat dari tempe gembus dengan bumbu kacang tetapi tidak seperti bumbu pecel.

  • Es Dawet Selasih

Es Dawet Selasih berisi  Cendol, Jenang ketan hitam, jenang bubur sungsum, santan, dawet, gula jawa cair dan selasih.

  • Intip Goreng

Intip terbuat dari nasi yang dikeringkan kemudian digoreng, ada dua rasa yaitu yang manis dan asin.

  • Kue Mandarijn

Kue ini biasa digunakan untuk oleh – oleh. Kue ini terdiri dari dua lapis yaitu coklat dan putih (vanilla) yang diberi selai ditengahnya.

Tidak perlu susah mencari makanan di Kota Solo apalagi diwaktu malam. GALABO Gladak Langen Bogan Solo, merupakan tempat yang cocok untuk berwisata kuliner sambil menikmati suasana malam di Kota Solo, Galabo terletak di depan PGS dan BTC.

Tinggalkan komentar